Mari Ketahui Beberapa Faktor Penyebab Munculnya Jerawat Batu Pada Wajah

Sunday, May 21, 2017
Mari Ketahui Beberapa Faktor Penyebab Munculnya Jerawat Baru Pada Wajah
Jerawat batu (cystic acne) adalah jenis jerawat dengan ukuran yang besar dan biasanya muncul dari bawah kulit permukaan kulit yang lebih dalam dan cukup menyakitkan dari pada jerawat biasa.

Sehingga seseorang dengan jerawat batu cenderung lebih beresiko meninggalkan bekas jerawat berupa luka parut/ bopeng setelahnya.

Jika bekas jerawat yang berupa noda/ flek hitam masih bisa diatasi dengan hanya krim wajah, berbeda dengan luka parut/ bopeng. Bekas jerawat ini akan sulit diperbaiki hingga kulit 100% kembali seperti kondisi semula.

Dalam situs klinik kecantikan Wijaya Skincare tertulis "Jika ada perawatan dibelahan dunia manapun yang bisa memperbaiki Scars 90 sampai 100%, sudah pasti itu Gombal alias Bohong besar." Nah, jika sudah begitu, akan lebih baik jika kita berupaya mencegahnya.

Untuk mencegah agar jerawat batu ini tidak timbul di wajah kita, yuk cari tau faktor apa saja yg bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat batu.

Faktor Genetik/ Keturunan

Seseorang yang memiliki jerawat batu, kemungkinan salah satu atau kedua orang tuanya memiliki riwayat yang sama. Saat menjadi orang tua, masalah ini cenderung akan diwariskan pada ketutunannya.

Faktor Hormonal

Perubahan hormonal dapat merangsang produksi minyak menjadi lebih banyak, sehingga dapat memicu timbulnya jerawat batu. Selain perubahan hormonal tersebut, perubahan hormonal lainnya yang juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat batu adalah masa kehamilan, konsumsi pil KB, saat menstruasi, dan juga stress.

Gaya Hidup

Makanan/ minuman yang anda konsumsi dapat mempengaruhi kondisi kulit anda. Terlalu banyak lemak dan karbohidrat yang terkandung dalam makanan/ minuman yang masuk ke tubuh anda, dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat batu.

Kosmetik

Penggunaan kosmetik yang tidak tepat seperti mengandung bahan-bahan kimia, jika dipakai terus menerus dapat menimbulkan jerawat batu, selain itu berbahaya bagi kulit. Bagi kulit yang berminyak dan berjerawat, penggunaan kosmetik berbahan dasar minyak juga tidak tepat, karena  menyumbat akan semakin membuat kulit anda berminyak dan membuat pori-pori tersumbat, sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

Kebersihan Kulit Wajah

Jangan sepelekan kebersihan wajah anda. Usahakan 2x dalam sehari anda membersihkan wajah anda, untuk mengangkat sel kulit mati, keringat, bakteri, minyak, debu, dan polusi yang menempel di wajah anda, yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Sinar Matahari

Terlalu lama terkena sengatan sinar matahari dapat merusak kulit, yang juga menjadi pemicu jerawat batu. Oleh karena itu gunakan sunblock/ sunscreen saat anda keluar rumah. Bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak, pilih yang non comedogenic.


Bagi anda yang orang tuanya memiliki riwayat jerawat batu, dapat mengurangi resiko ini dengan menghindari faktor-faktor yang dapat anda hindari, agar setidaknya mengurangi resiko munculnya jerawat batu di wajah anda.

Apabila jerawat batu terlanjur muncul di wajah anda, dapat anda mencoba Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat, yakni dengan pengobatan medis.