Mari Ketahui Beberapa Jenis Kulit Wajah Serta Bagaimana Cara Perawatannya

Friday, May 26, 2017
Mari Ketahui Beberapa Jenis Kulit Wajah Serta Bagaimana Cara Perawatannya
Memiliki kulit wajah yang sehat adalah dambaan bagi setiap orang, oleh karena itu tak sedikit orang melakukan berbagai jenis perawatan untuk memperoleh kulit wajah yang sehat, mulai dari perawatan secara alami yang mudah dan murah, hingga perawatan khusus dengan biaya yang cukup mahal.

Tapi tahukah anda bahwa kulit manusia itu tergolong kedalam beberapa jenis kulit dimana masing-masingnya membutuhkan perawatan khusus yang berbeda, karena jika kita sampai salah dalam perawatannya justru malah akan memperparah kondisi pada kulit kita.

Sebenarnya cara merawat wajah tidak susah, semuanya tergantung bagaimana cara kita merawat dan membersihkannya setiap hari.

Cara termudah dalam merawatnya yaitu dengan memakai produk-produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit anda, sehingga kulit wajah akan terbebas dari komedo dan jerawat.

Kulit berminyak


Mari Ketahui Beberapa Jenis Kulit Wajah Serta Bagaimana Cara Perawatannya

Seseorang yang memiliki kulit wajah berminyak maka permukaan wajahnya akan tampak berkilau karena di pengaruhi oleh efek cairan minyak yang terdapat pada kulit wajahnya.

Masalah minyak berlebih pada kulit wajah ini memang sedikit sulit untuk di hilangkan, oleh karena itu untuk mengatasinya perlu melakukan perawatan kulit secara rutin dan teratur.

Jenis perawatan kulit yang bisa dilakukan bisa dengan menggunakan cara alami, atau dengan menggunakan produk kosmetik yang aman.

Orang yang memiliki jenis kulit wajah berminyak sangat rentan dengan resiko masalah jerawat pada wajah. Kotoran seperti debu, dan kuman, dapat dengan mudah menempel pada kulit wajah, sehingga dapat mengakibatkan infeksi pada kulit yang kemudian memicu timbulnya jerawat.

Kulit kering


Mari Ketahui Beberapa Jenis Kulit Wajah Serta Bagaimana Cara Perawatannya

Apabila seseorang memiliki jenis kulit kering, maka permukaan kulitnya akan terasa kasar, dan kaku meskipun sudah di bersihkan dengan air. Jenis kulit kering bisa membuat rasa tidak nyaman karena sering menimbulkan rasa gatal dan kulit yang retak-retak.

Jenis kulit kering di akibatkan karena kulit kekurangan lipid (Asam lemak). Cara perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi jenis kulit ini yaitu bisa dengan mengkonsumsi asam lemak esensial, seperti omega 3, dan omega 6 yang biasa banyak terkandung dalam makanan laut, minyak kedelai, dan sayur-sayuran berdaun.

Kulit Kombinasi


Mari Ketahui Beberapa Jenis Kulit Wajah Serta Bagaimana Cara Perawatannya

Apabila anda memiliki kulit wajah yang kering dan berminyak maka kulit wajah anda termasuk ke dalam jenis kulit kombinasi. Bagian kulit berminyak biasanya terjadi pada area dahi, dan hidung, sedangkan bagian kulit kering terjadi pada area pipi.

Jenis kulit seperti ini biasanya akan membuat wajah seseorang terlihat kusam, sehingga akan sangat mengganggu penampilan wajah kita. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan perawatan alami menggunakan masker dengan campuran bahan-bahan yang sesuai untuk kedua jenis kulit tersebut.

Kulit sensitif


Mari Ketahui Beberapa Jenis Kulit Wajah Serta Bagaimana Cara Perawatannya

Bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif maka harus sangat berhati-hati dalam penggunaan berbagai produk kosmetik, dan bahan-bahan tertentu. Kulit jenis ini memiliki teksture kulit yang tipis dan sangat mudah teriritasi.

Melakukan perawatan untuk jenis kulit ini sebaiknya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang lebih aman untuk kulit dan tidak memiliki efek samping, namun sebaiknya hindari penggunaan jeruk nipis / lemon.

Jika anda lebih suka menggunakan bahan kosmetik, pilihlah yang benar-benar cocok untuk jenis kulit sensitif atau di konsultasikan dulu dengan dokter ahli.

Kulit normal


Mari Ketahui Beberapa Jenis Kulit Wajah Serta Bagaimana Cara Perawatannya

Ciri-ciri jenis kulit wajah yang normal adalah memiliki permukaan kulit yang lembut, halus, dan elastis. Jenis kulit ini merupakan jenis kulit yang paling ideal karena tidak memiliki permukaan kulit yang kering dan memiliki kadar minyak seimbang.

Melakukan perawatan untuk jenis kulit ini juga jauh lebih mudah dari jenis kulit lainnya.

Mengetahui Jenis Kulit Wajah merupakan hal wajib untuk di ketahui agar kita tidak salah dalam melakukan perawatan kulit wajah. Sekian.. semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat buat anda.