PEOPLE ARE...

Kemaleman October 17, 2016 | Kemaleman | Komentar
Upload Foto Cantiknya Di Medsos, Langsung di Salahgunakan Oleh Pihak Yang...
Wanita muda itu kini berusia 22 tahun. Namun, foto-foto selfie pribadinya yang diunggah ke situs media sosial semasa remaja belasan tahun telah dicuri untuk sebuah situs film dewasa.

Noelle Martin, gadis tersebut, masih 17 tahun ketika "predator" mencuri foto selfie yang dia unggah ke akun Facebook dan kemudian menempelkannya di situs film dewasa di seluruh dunia.
Foto-foto lain Noelle dalam pose biasa juga diambil dan disisipkan ke situs-situs seperti itu dengan para penggunanya membuat komentar terbuka mengenai penampilannya.

Bentuk lainnya, pengguna akan mengutak-atik foto dan menempelkan kepalanya di foto tubuh bintang film dewasa.

Sekarang Noelle berusia 22 tahun dan hampir menyelesaikan pendidikan di fakultas hukum. Ia merasa terganggu dengan penggunaan foto dirinya yang terus-menerus.

Dia khawatir foto-fotonya yang beredar di internet akan membuat dia seolah-olah berkontribusi secara sukarela di situs tersebut.

Upload Foto Cantiknya Di Medsos, Langsung di Salahgunakan Oleh Pihak Yang...

"Mereka dapat merusak kehidupan perempuan seperti saya dengan tindakan seperti ini. Mereka benar-benar dapat merusak kehidupan seorang gadis karena apa yang mereka lakukan," katanya.
Noelle menemukan pelanggaran atas foto dirinya dengan menggunakan sistem pencarian terbalik di "Google Image".

Ini adalah sistem saat pengguna dapat memasukkan sebuah file gambar ke alat pencarian Google Image. Sistem ini akan menunjukkan di mana gambar yang sama dengan gambar yang dimasukkan ke Google Image dipublikasikan di internet.

"Saat itu, saya masih kuliah. Di satu hari pukul 02.00 dini hari, saya berada di rumah di depan komputer dan memutuskan untuk mencari foto saya di Google Image," katanya.

"Mereka mengatakan hal-hal (tak senonoh) seperti 'banyaknya air mani yang tumpah di atas tubuh saya bisa mengisi kolam renang', atau 'tutup wajahnya dan kami akan menyetu**h**ya'. Saya dibilang sampah, pelacur," ujarnya.

Upload Foto Cantiknya Di Medsos, Langsung di Salahgunakan Oleh Pihak Yang...

Noelle berusia 18 tahun ketika ia menemukan gambar dirinya telah dicuri dan sejak saat itu ia terus melawan situs-situs film dewasa agar foto dirinya dihapus.

Dia mengatakan, saat dia meminta salah satu situs untuk menghapus fotonya, pengelola situs itu malah berusaha memeras dirinya. Pengelola situs meminta gambar Noelle untuk koleksi pribadinya sendiri sebagai imbalan agar dia menghapus fotonya dari situs umum.

Hal semacam ini sudah sering didengar Komisioner Lembaga Children』s eSafety Australia, Andree Wright. Ia mengatakan, ada peningkatan jumlah kasus "pemaksaan" di seluruh Australia.

"Pada bulan Juli dan Agustus, kami menemukan satu dari empat remaja yang datang kepada kami, yang jadi korban bullying di dunia maya mengalami situasi pemerasan seperti ini," katanya.
Noelle mengaku dia telah mendatangi kantor polisi setempat, Polisi Federal Australia, dan berbagai otoritas federal yang semuanya hanya bisa menyampaikan simpati (terhadap masalahnya). Namun, kemudian meminta dia menghubungi departemen lain.

"Saat ini, dari UU yang ada, tidak masalah-kah bagi mereka (para pelaku) untuk melakukan hal seperti itu? Itu dibolehkan. Bagaimana ini bisa disebut adil? Bagaimana ini layak dialami seseorang?" katanya.
Noelle mengatakan, dia ingin memiliki hak kembali nama dan gambarnya dan ia juga ingin mengirimkan pesan kepada mereka yang telah mencuri fotonya.

Sekarang dia bersatu dengan korban tindakan tersebut parasit lainnya untuk mengampanyekan UU yang lebih keras untuk melindungi (siapa pun) dari pelanggaran foto semacam ini.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment