TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman October 13, 2016 | Kemaleman | Komentar
Dibangunkan Dari Tidur, Perempuan Ini Tiba - tiba Saja Sakit Jiwa, Akhirnya Harus...
Kasus pemasungan masih terjadi propinsi Jawa Timur, dan Pemprov Jatim harus bekerja keras untuk mengatasi masalah ini. Di Gresik, ada 40 warga yang dipasung, dan ini membuat prihatin. Salah satu warga yang dipasung yaitu Siti Aminah. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Warga Wates Tanjung, Wringinanom, Gresikini dipasung selama 10 tahun.

Darmisih, ibunda Siti menyatakan, kondisi kejiwaan putrinya tidak pernah mengalami gangguan sejak kecil. Kondisi kejiwaannya baru bermasalah ketika Siti menginjak usia 17 tahun.

"Baru pulang sekolah tidak ganti pakaian, tapi langsung tidur. Bahkan, sepatunya tidak dilepas," katanya.

Ketika dibangunkan, Siti yang saat itu duduk di kelas dua SMA marah besar. Caci maki dan hujatan keluar dari mulutnya.

"Tidak tahu masalahnya. Tiba-tiba marah tanpa sebab," lanjutnya.

Darmisih tidak banyak menanggapi ketika putrinya mengamuk. Perempuan 47 tahun itu hanya diam mendengarkan omelan sang buah hati. Namun, Darmisih tidak bisa menaham malu ketika Siti mulai berulah. Dia suka mencabuti tanaman milik tetangga.

Hal tersebut membuat keluarga malu. Akhrinya, Siti Aminah dipasung pada 2005 lalu. Siti Aminah harus tinggal di sebuah bilik berukuran 1,5 x 3 meter persegi. Dindingnya hanya terbuat dari anyaman bambu.

Ruangan sempit membuat pergerakannya terbatas. Akibatnya, kaki Siti sulit untuk digerakkan. Hingga kini, Siti masih sulit berjalan. Hal itu diketahui oleh pihak puskesmas Kesamben Kulon pada Januari 2016 lalu. Oleh petugas jiwa puskesmas, Siti Aminah dibebaskan.

"Sekarang masih dalam pengobatan. Jadi, masih injeksi rutin," kata Sulistiyati, petugas jiwa puskesmas Kesamben Kulon.

Pemilik nama akrab Sulis itu menjelaskan, salah satu penyebab gangguan jiwa Siti Aminah yakni masalah asmara. Hal itu diketahui dari hasil observasi yang dilakukan petugas puskesmas.

"Dari hasil penelusuran, diketahui penyebabnya stres karena cinta. Ketika disinggung masalah itu, Siti selalu bereaksi," jelasnya.

Menurut dia, masalah cinta memang bisa menjadi beban yang cukup berat. Apalagi dialami oleh perempuan.

"Hampir setiap perempuan pernah mengalami stres karena cinta. Ada yang sampai parah hingga mengganggu kondisi kejiwaannya," pungkasnya.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment