TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman October 11, 2016 | Kemaleman | Komentar
Inilah Hukumnya Jika Wanita Menggunakan Mukena Warna - Warni, Muslimah Harus Tau !
Saat ini ada banyak penjual mukenah yang bermotif-motif, seperti motif batik, polkadot, kotak-kotak, bunga-bunga dan sebagainya. Tak hanya motif, bahkan warna juga kebanyakan yang mencolok seperti warna ungu, merah, pink, dan sebagainya.

Pernahkah kamu berpikir apakah penggunaan mukenah dengan motif dan warna yang mencolok itu diperbolehkan saat sholat berjamaah, seperti terawih dan sholat ID ?

Mengingat sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau perna berkata jika kita umat islam sebaiknya menghindari pakaian yang mengundang perhatian orang.

Beliau bersabda:

"Siapa yang memakai pakaian syuhrah di dunia, maka Allah akan memberinya pakaian hina pada hari kiamat." (Ahmad, Abu Daud, Nasai dalam Sunan Al-Kubro, dan dihasankan Al-Arnauth).

Lalu, apakah pakaian syuhrah itu ?

As-Sarkhasi mengatakan:

"Maksud hadis, seseorang tidak boleh memakai pakaian yang sangat bagus dan indah, sampai mengundang perhatian banyak orang. Atau memakai pakaian yang sangat jelek –lusuh-, sampai mengundang perhatian banyak orang. Yang pertama, sebabnya karena berlebihan sementara yang kedua karena menunjukkan sikap terlalu pelit. Yang terbaik adalah pertengahan." (al-Mabsuth, 30:268)

Jadi, dapat kita simpulkan jika menggunakan mukenah dengan warna dan motif yang mencolok itu tidak diperbolehkan karena dapat mengundang perhatian orang.

Jika ada yang memakainya, maka mereka termasuk dalam ancaman hadis di atas. [konsultasi syariah.com]

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment