PEOPLE ARE...

Kemaleman October 12, 2016 | Kemaleman | Komentar
Kisah Seorang Nenek Setiap Hari Memakan Nasi Sisa, Tidak Dapat Bantuan Dari Pemerintah
Terenyuh hati ketika melihat kisah hidup seorang nenek bernama mbok Paini yang setiap harinya harus makan nasi sisa akibat hidup dalam belenggu kemiskinan.

Kehidupan Mbok Paini yang sungguh menyedihkan ini pun ternyata tak membuat pemerintah pusat bergerak dalam memberikan tanggungan hidup yang lebih layak.

Selama ini , Mbok Paini tinggal di gubuk reyot numpang di atas tanah tetangga di Dusun Paras, Desa Turipinggir, Kecamatan Megaluh ini.

Dan kabarnya , bukan karena Pemerintah tak mau memberikan dana bantuan kepada Mbok Paini, hanya saja tempat tinggal yang memprihatinkan ini ternyata tak masuk dalam daftar Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Selain itu, nama Mbok Painini juga tak masuk sebagai salah satu penerima program Penerima Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) yang selalu digembor-gemborkan pemerintah pusat.

Dalam sejumlah informasi,  Kementerian Sosial tiap tiga bulan sekali sering memberikan bantuan kepada fakir miskin sebanyak Rp600 ribu.

Kabid Pengembangan Pendayagunaan Potensi Sosial (P3S) dan Usaha Kesehatan Sosial (UKS) Sugeng Edy Suswinarto, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Jombang membenarkan tidak masuknya data mbok Paini sebagai penerima program pengentasan kemiskinan dari pemerintah.

"Setelah kami lakukan pengecekan, datanya memang tidak masuk sebagai penerima PMKS maupun PSKS," ujarnya.

Menurut Edy , tidak masuknya nama mbok Paini sebagai penerima PSKS maupun dalam data base PMKS ini karena tidak adanya laporan dari pihak desa ke Dinsosnakertrans. Sehingga, mbok Paini tidak dapat diakui sebagai penerima bantuan warga miskin.

"Selama ini kami tidak pernah menerima laporan itu. Karena untuk pendataan memang tahun kemarin dilakukan pihak desa. Sedangkan tahun ini, pendataan dilakukan langsung oleh Kemensos," kelitnya.

Edy pun menyatakan, akan segera melakukan pengecekan terkait dengan tidak masuknya identitas mbok Paini dalam database warga kategori tidak mampu. Pihaknya akan segera menghubungi pemerintah desa setempat dan meminta data diri mbok Paini agar Mbok Paini bisa merasakan kehidupan yang lebih layak di usia tuanya.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment