TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman August 06, 2016 | Kemaleman | Komentar
Diklaim Oleh Malaysia
Beberapa tahun yang lalu, Malaysia dan Indonesia pernah berdebat memperebutkan wilayah yang katanya merupakan wilayah Indonesia namun dikatakan sebagai wilayah Malaysia.

Hal ini terulang kembali, baru-baru ini Malaysia di kabarkan  hendak membangun mercusuar di wilayah perairan Tanjung Datuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Perbatasan Kalimantan Barat.

Hingga sekarang masalah itu masih belum dapat di selesaikan, karena belum di ketahui pasti siapa pemilik wilayah tersebut. Tapi, seperti yang sudah di katakan di atas, ada beberapa wilayah yang juga pernah di akui oleh Malaysia sebagai wilayahnya.

Seperti yang dilansir m.infospesial.net, inilah dia beberapa wilayah yang pernah di akui oleh Malaysia sebagai wilayahnya.

1. Pulau Sipadan

Pulau Sipadan merupakan pulau kecil yang terletak tak jauh dari pulau Kalimantan/Borneo (di sebelah utara Pulau Tarakan, Kalimanta Timur). Pulau itu direbutkan oleh Malaysia dan Indonesia, hingga sampai ke Mahkamah Internasional.

Pulau Sipadan

Namun, keputusan Mahkamah Internasional adalah Malaysialah yang memiliki pulau tersebut, karena Malaysia lebih dominan dalam pengurusannya dari pada Indonesia.

2. Pulau Ligitan

Menurut sejarah Pulau Ligitan merupakan milik Kesatuan Republik Indonesia. Namun, Malaysia mengatakan bahwa pulau tersebut merupakan miliknya.

Pulau Ligitan

Pulau yang terletak di ujung timur laut pulau Kalimantan ini, memiliki luas sekitar 7,9 hektare. Tapi, sayangnya pulau ini di putuskan merupakan milik Malaysia oleh Mahkamah Internasional.

3. Blok Ambalat

Blok Ambalat terletak di Laut Sulawesi atau Selat Makassar dan berada di dekat perpanjangan perbatasan  darat antara Sabah, Malaysia,  dan Kalimantan Timur, Indonesia.

Blok Ambalat

Blok ambalat ini masih menjadi perdebatan anatara Indonesia dan Malaysia.

4. Perairan  Sambas

Perairan Sambas yang terletak di  Tanjung Datuk, Kecamatan Paloh,  Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat itu di akui oleh Malaysia sebagai wilayahnya.

Perairan  Sambas

Bahkan Malaysia nekat untuk membangun mercusuar di wilayah tersebut.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment