TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman August 18, 2016 | Kemaleman | Komentar
Nenek Berumur 140 Tahun, Kemaleman.com
Hidup dan mati setiap orang memang berbeda – beda. Ada orang yang usia masih muda tapi sudah meninggal dunia tetapi ada juga orang yang bisa bertahan hidup hingga ratusan tahun seperti Nenek Anami yang kini masih hidup di usia 140 tahun dan kabarnya hanya gara – gara suka makan daun.

Kondisi nenek Anami ini terlihat masih jejak , penglihatannya masih awas, pendengarannya masih jelas bahkan tenaganya pun masih kokoh. Setiap harinya dia berjalan menuju sumur yang jaraknya cukup jauh dari rumahnya dengan dibantu menggunakan tongkat sebagai pegangannya di kala tanah yang di pijaknya kurang bagus.

Salah satu anaknya bernama mimin ini menceritakan jika ingatan emaknya masih bagus , mereka berdua tinggal di Kampung Burung Sarang, RT 08, RW 04, Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

“Ingatan emak juga masih bagus. Hanya memang terkadang, ketika cerita yang terlalu lama, ia terkadang berpikir dulu sebentar,” ujar  Mimin.

Mimin juga mengatakan jika nenek Anami itu jarang terserang sakit , sekalipun sakit dia hanya menderita sakit ringan yang sembuh dalam beberapa hari. Mimin bercerita jika dulu nenek Anami adalah seorang penjual gorengan yang suka berjualan keliling kampung dan kini sudah berhenti jualan dengan tinggal bersama mimin.

“Dulu, Emak suka jualan aneka gorengan keliling kampung. Sekitar tahun 1998, Emak mulai berhenti jualan dan mulai tinggal dengan saya. Awalnya, emak tinggal sendiri,” tutur Mimin.

Walaupun usianya sudah hampir satu setengah abad, namun tubuh nenek Anami masih terlihat segar , wajahnya bersih dan bugar meski keriput sudah sangat mendominasi.

Salah satu rahasia nenek Anami ini bisa awet muda dan kuat di usia yang luarbiasa itu karena dia suka makan lalapan yang diambil dengan sendiri di sawahnya. Nenek Anami kerap memakan dedaunan mentah (lalap) terutama antanan dan jontang.

“Dahar mah jeung antanan weh jeung jontang (makan mah sama antanan dan jontang saja),” kata Anami .

Antanan dan jontang tumbuh subur di pesawahan tanah Sunda, khususnya di Purwakarta dan itulah kenapa Anami kerap memakan daun tersebut karena mudah di dapatkan. Ketika hendak mengkonsumsi antanan dan jontang , kedua sayur tersebut di rebus terlebih dahulu.

Tahukah kamu jika antanan memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah, sedangkan jontang bermanfaat untuk menghindari berbagai peyakit wanita. Maka dari itu wanita yang suka makan dua sayuran ini pasti akan mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Dan orang Sunda zaman dulu sering mengkonsumsi sayuran mentah (lalap) karena dipercaya bisa membuat awet muda dan menyehatkan tubuh seperti yang diceritakan dalam legenda Sangkuriang. Yakni bagaimana ibunda Sangkuriang masih sangat cantik dan muda di usianya yang senja karena mengkonsumsi lalap mentah.

Namun satu hal yang unik dari keluarga nenek Anami ini, jika nenek Anami bisa hidup awet muda dengan mengkonsumsi lalapan. Berbeda dengan anaknya Mimin yang tidak bisa mengkonsumsi nasi yang dimasak menggunakan alat listrik.

Jika ingin makan nasi , maka nasi tersebut harus di masak di seeng (penanak nasi tradisional) yang biasanya dimasak di atas hayu (alat masak dari tanah liat). Untuk lauknya, biasanya Nenek Anami memakan tempe, tahu, dan ikan asin.

Mungkin keluarga nenek Anami ini terlihat sangat sederhana , tetapi panjang umur dan kesehatan tubuh keluarganya itu juga tak lepas berserah pada Tuhan. Satu lagi rahasia panjang umur nenek Anami ini dia tidak mau ambil pusing atau terlalu punya banyak masalah. Saat suaminya menikah dengan wanita lain , dia pun anggap santai walaupun sebenarnya hatinya tersakiti.

“Keunbae tong dijieun pusing. Bebaskeun, bebaskeun. Hirup mah kudu tawakal (biarkan jangan diambil pusing (masalah). Bebaskan, bebaskan. Hidup itu harus tawakal (berserah diri),” ucapnya.

Dengan begitu , tidak ada beban pikiran dalam diri Anami . Dia selalu berusaha hidup santai agar terhindar dari penyakit. Dan dengan usianya yang sudah mencapai 140 tahun itu, dia mendaftarkan diri ke miliuner Moldove Dmitry Kaminskiy asal Rusia dengan hadiah Rp13 miliar.

Nenek Anami pun berharap untuk menang agar bisa membuat keluarganya bahagia dan hidup berkecukupan.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment