TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman August 20, 2016 | Kemaleman | Komentar
Mie Instan Berbahaya Anti Karat, Kemaleman.com
Buat kamu yang suka makan mie isntan , sebaiknya harus lebih hati – hati lagi dalam memilih jenis mie isntan yang akan kamu konsumsi. Sebab, kali ini ada salah satu merek  mie isntan yang sangat berbahaya bila dikonsumsi karena mengandung bahan kimia berjenis anti karat.

Merek mie isntan yang dimaksud adalah mie instan  jenis Maggi, bahkan diketahui jika kini para pejabat di Delhi melarang penjualan mi instan Maggi selama 15 hari lantaran di dalam indomie Maggi ini terdapat kandungan timbal yang tinggi .

“Uji di Delhi memperlihatkan 10 dari 13 sampel (mi Maggi) mengandung timbal di atas ambang yang diperbolehkan. Begitu semua sampel selesai kami periksa, kami akan meminta penjelasan Nestle,” kata G Gurucharan dari kementerian makanan dan konsumen seperti yang dilansir dari Tribunnews.com (22/12).

Mi instan Maggi sangat populer di kalangan murid sekolah dan mahasiswa bahkan mie ini banyak muncul di iklan yang menyebutkan bahwa mi Maggi siap disantap hanya dalam waktu dua menit . Mie Manggi ini pun sangat terkenal bahkan mie ini telah terjual di seluruh dunia.

Untuk saat ini , pemerintah pun meminta sejumlah negara terutama di India untuk meneliti kandungan di dalam Mie Manggi yang beredar disana.

Akan tetapi, Nestle India, pemegang merk Maggi membantah bahwa mi mereka tidak aman atau tidak sehat. Menurutnya Maggi mendatangkan banyak penerimaan bagi Nestle di India, dengan penjualan tahunan mencapai sekitar 15 miliar rupee atau sekitar US$235 juta.

Bahkan dilaporkan jika Nestle menggandeng nama-nama besar di Bollywood seperti Amitabh Bachchan, Madhuri Dixit, dan Preity Zinta, sebagai bintang iklan mi instan Maggi.

Lantas apa sih sebenarnya kandungan timbal itu ?

Dalam sejumlah studi memaparkan jika timbal adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pb dan nomor atom 82. Lambangnya diambil dari bahasa Latin Plumbum. Timbal (Pb) adalah logam berat yang terdapat secara alami di dalam kerak bumi.

Unsur Pb digunakan dalam bidang industri modern sebagai bahan antikarat pada pembuatan pipa air yang tahan korosi, bahan pembuat cat, baterai, dan campuran bahan bakar bensin tetraetil. Timbal (Pb) adalah logam yang mendapat perhatian khusus karena sifatnya yang toksik (beracun) terhadap manusia. Timbal (Pb) dapat masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan, minuman, udara, air, serta debu yang tercemar Pb.

Dan perlu yang kamu ketahui jika  seseorang mengkonsumsi kandungan timbal ini maka akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan yaitu :

1. Menghambat aktivitas enzim yang terlibat dalam pembentukan hemoglobin (Hb).

2. Meningkatnya kadar asam δ-aminolevulinat dehidratase (ALAD) dan kadar protoporphin dalam sel darah merah.

3. Memperpendek umur sel darah merah.

4. Menurunkan jumlah sel darah merah dan retikulosit, serta meningkatkan kandungan logam Fe dalam plasma darah.

5. Timbal bersifat kumulatif.[butuh rujukan] Dengan waktu paruh timbal dalam sel darah merah adalah 35 hari, dalam jaringan ginjal dan hati selama 40 hari, sedangkan dalam tulang selama 30 hari.

Nah, itulah kenapa jika seseorang diharapkan jangan terlalu sering mengkonsumsi mie karena kandungan di dalam mie pun tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment