PEOPLE ARE...

Kemaleman August 20, 2016 | Kemaleman | Komentar
Bahaya Menahan Buang Air Kecil, Kemaleman.com
Ada banyak alasan mengapa seseorang menahan keinginan untuk buang air kecil, mulai dari sedang berada diperjalanan, Wc tidak nyaman, tanggung dengan pekerjaan dan lain-lain. Namun tahukah ada bahaya mengancam jika anda menahan buang air kecil, dari mulai infeksi kandung kemih sampai kelumpuhan

1. Infeksi Saluran Kemih
Menurut dr Harrina E. Rahardjo, PhD, SpU, soesialis urologi dari RSCM jika anda menahan buang air kecil maka akan ada genangan air didalam, jika terlalu lama maka akan terasa sakit dan mulai infeksi karena kuman lebih cepat tumbuh di air yang tergenang.

Infeksi saluran kemih memiliki gejala tertentu seperti nyeri pada perut bagian bawah, muncul rasa perih saat buang air kecil, dan frekuensi buang air kecil menjadi semakin sering namun dengan volume yang sedikit.

2. Otot Kandung Kemih Menjadi Kurang Sensitif
Menahan buang air kecil juga dapat mengakibatkan hilangnya sensitivitas otot kandung kemih karena otot yang ditahan terus-menerus akan menjadi longgar.

3. Anyang - anyangan
Anyang-anyangan adalah rasa tidak nyaman yang timbul jika terlalu lama menahan pipis, rasanya seperti ingin sekali pipis namun urine yang keluar sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

4. Gagal Ginjal
Kebiasaan menahan buang air kecil juga bisa berpengaruh pada kesehatan dinjal. Menahan buang air kecil sama seja meningkatkan tekaan pada ginal, produksi ginjal akan menurun dan menjadi bengkak kemudian ginjal tidak akan berfungsi dengan baik.

5. Lumpuh
Seseorang yang memiliki riwayat kerusakan pada dinding otot saluran kencing bisa mengalami kelumpuhan jika terlalu sering menahan buang air kecil.

Lebih baik anda menghindari 5 bahaya menahan buang air kecil tersebut dengan cara sebisa mungkin jangan menahan jika mulai terasa ingin buang air kecil, jika anda sedang berada diperjalanan carilah SPBU atau WC umum terdekat, jika anda sedang bekerja tundalah dahulu pekerjaan untuk beberapa menit.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment