TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman March 24, 2016 | Kemaleman | Komentar
Cara Membuat Soto Betawi
Berbicara mengenai soto betawi, salah satu kuliner masakan indonesia yang hadir pada tahun 1977-1978 ini sangatlah populer, terutama di daerah Jakarta. Soto betawi terkenal dengan cita rasa yang khas dan yang pasti juga bikin anda ketagihan.

Jadi tidak heran jika warung soto betawi banyak beredar hampir diseluruh Indonesia. Saya mah suka sekali dengan soto betawi ini, apalagi ditemani dengan emping melinjo goreng, wuuus mantap sekali. Anda bisa membuat sendiri soto betawi ini dengan resep sebagai berikut :

Bahan dan Bumbu Membuat Soto Betawi:


  1. 300 gram daging sapi
  2. 1 buah kentang
  3. 1 buah tomat
  4. 5 siung bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. 1 sendok teh lada (merica)
  7. 3 lembar daun jeruk
  8. 2 batang serai
  9. 2 butir kapulaga
  10. 1 butir kembang lawang
  11. Daun bawang secukupnya
  12. Seledri secukupnya
  13. Emping secukupnya
  14. Sambal secukupnya
  15. Garam secukupnya
  16. Gula pasir secukupnya
  17. 100 ml santan
  18. 200 ml susu cair

Cara Membuat Soto Betawi


  1. Pertama-tama, cuci bersih daging terlebih dahulu, kemudian rebus daging ke dalam air yang mendidih. Setelah itu, masukkan daun jeruk, daun sereh, daun salam yang sudah digeprek sebelumnya.
  2. Setelah itu, angkat dan tiriskan daging yang sudah matang dan empuk. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan, seperti bawang putih, bawang merah, lada, jahe, ketumbar, lengkuas, kemiri, dan kunyit.
  3. Tumis hingga harum. Jika sudah harum, masukkan tumisan bumbu tadi ke dalam rebusan daging. Kemudian berikan garam secukupnya.
  4. Setelah itu, tambahkan santan cair dan aduk rata hingga mendidih. Setelah mendidih, tambahkan juga santan kental.
  5. Kemudian tambahkan susu full cream yang telah diseduh sebelumnya menggunakan segelas air panas. Aduk rata hingga matang, kemudian tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. Sebelum disajikan, cicipi terlebih dahulu, apakah sudah pas atau belum.
  6. Potong kentang dan kemping dengan ukuran sesuai selera anda, kemudian goreng hingga matang. Jangan lupa juga potong daging menjadi balok berukuran kecil. Setelah itu, tiriskan kentang goreng, kemping goreng, dan juga daging ke tempat (mangkok) yang berbeda.
  7. Jangan lupa tambahkan tomat, daun bawang, jeruk nipis, sambal, dan soto betawi pun siap disantap bersama keluarga tercinta.

Soto betawi ini sangat mantap dihidangkan selagi hangat dengan didampingi nasi putih. Dengan cita rasa pedas yang dihasilkan sambal, membuat soto betawi ini terasa menggairahkan dan sangat memanjakan lidah anda.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment