TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman March 24, 2016 | Kemaleman | Komentar
Cara Membuat Semur Daging
Salah satu masakan aneka daging yang paling digemari oleh banyak orang adalah semur daging, dimana hidangan daging rebus ini disajikan dengan kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap manis, bawang merah, pala dan bumbu lainnya yang pastinya membuat anda ketagihan.

Dalam resep sebelumnya, saya pernah berbagi resep dan cara membuat nasi uduk dengan cita rasa yang lezat dan mantap. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba resep yang tak kalah deliciousnya, yaitu resep membuat semur daging yang lezat dan gurih sekali.

Bahan dan bumbu :


  1. 500 gram daging sapi
  2. 6 sendok makan kecap manis
  3. 1/4 sendok teh lada (merica)
  4. 1 sendok makan gula merah
  5. 9 buah bawang merah
  6. 5 buah bawang putih
  7. 3 buah cabai merah keriting
  8. 4 biji kemiri
  9. 1 biji kluwek
  10. 2 1/2 cm lengkuas (laos)
  11. 2 lembar daun salam
  12. Pala secukupnya
  13. Minyak goreng secukupnya
  14. Garam secukupnya
  15. 400 ml santan
  16. 600 ml air

Langak - langkah Cara membuat semur daging


  1. Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu semua bahan dan bumbunya. Cuci daging hingga bersih, kemudian geprek lengkuas dan haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kluwek dan cabai merah keriting.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi, masukkan lengkuas dan daun salam, kemudian tumis kembali hingga harum.
  3. Tambahkan potongan daging, aduk rata dan masak hingga dagingnya berubah warna.
  4. Setelah itu, masukkan santan kental ke tumisan daging, aduk rata, dan masak selama 5 menit. Kemudian tambahkan air secukupnya, dan aduk kembali hingga tercampur rata. Tutup wajan, aduk sesekali agar santannya tidak pecah dan masak kembali hingga dagingnya menjadi empuk.
  5. Tambahkan kecap, lada bubuk, gula merah, garam, pala, dan aduk kembali hingga tercampur rata. Kemudian masak daging kembali hingga matang dan kuah semurnya menyusut. Cicipi terlebih dahulu, sudah mantap atau belum. Jika rasanya sudah pas, angkat dan semur daging siap disajikan.

Dengan aroma wangi yang dihasilkan dari rempahan akan membuat semur daging ini sangat lezat, mantap dan pastinya akan memanjakan lidah anda. Anda bisa menaburkan bawang goreng diatasnya agar cita rasanya lebih lezat dan menggairahkan.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment