TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman March 21, 2016 | Kemaleman | Komentar
Cara Membuat Rawon
Dalam artikel Resep dan Cara Membuat Rendang, saya pernah bercerita bahwa ibu saya adalah penjual aneka masakan dan rendang daging sapi merupakan salah satu masakan yang cukup laris terjual. Selain itu, ada juga resep masakan yang tidak kalah larisnya, yaitu rawon.

Rawon merupakan salah satu menu masakan berupa sup daging dengan bumbu yang khas, yaitu dengan campuran kluwek. Okey langsung saja, daripada nunggu celometan saya hingga lapar, lebih baik anda langsung menuju dapur dan langsung mencoba resep rawon ini.

Bahan dan bumbu :


  1. 500 gram daging sapi sengkel
  2. 7 buah kluwak
  3. 3 batang serai
  4. 6 lembar daun jeruk
  5. 9 siung bawang merah
  6. 4 siung bawang putih
  7. 5 butir kemiri, disangrai
  8. 1 sdm ketumbar, disangrai
  9. 1 sdt Jintan, disangrai
  10. 1700 ml air
  11. Tauge pendek secukupnya
  12. Telor asin secukupnya
  13. Bawang goreng secukupnya
  14. Garam, gula, merica secukupnya

Langkah-langkah Membuat Rawon


  1. Pertama-tama, ambil bagian dalam kluwak terlebih dahulu. Kemudian rendam menggunakan air panas kira-kira 15 menit.
  2. Kemudian haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, jintan, kemiri dan juga bagian dalam kluwak tadi. Agar lebih mudah, anda bisa menghaluskannya menggunakan blender.
  3. Selanjutnya, tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Tambahkan juga serai dan daun jeruk, kemudian masak hingga bumbu matang.
  4. Selanjutnya, masukkan daging sapi, lalu tumis hingga warna daging berubah.
  5. Tambahkan 300 ml air, kemudian masak hingga mendidih. Jangan lupa, masukkan garam dan gula juga.
  6. Selanjutnya, masak daging menggunakan api kecil hingga daging benar-benar empuk. Jika anda mempunyai panci presto, anda bisa menggunakannya. Dengan cara memindahkan hasil tumisan tadi ke dalam panci, kemudian presto hingga daging empuk.
  7. Rebus 1,4 liter air hingga mendidih, kemudian tambahkan ke tumisan daging yang telah empuk tadi. Tambahkan merica, kemudian didihkan kembali.
  8. Seperti biasa, cicipi terlebih dahulu sebelum di hidangkan. Jika rasanya sudah benar-benar pas, sajikan dan rawon pun sudah siap disantap bersama keluarga tercinta.

Nasi hangat dengan didampingi kuah rawon sangatlah lezat. Untuk pelengkapnya, anda bisa menggunakan telur asin, tauge, kerupuk atau yang lainnya, sesuai selera anda. Kalau saya sih cukup tauge, asalkan ada sambal trasi yang siap menemani.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment