TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman March 21, 2016 | Kemaleman | Komentar
Cara Membuat Pancakes
Salah satu makanan yang lumer dan lembut sekali di mulut adalah pancake. Kue dadar yang terbuat dari campuran tepung terigu, susu, telur dan gula ini sangatlah digemari oleh banyak orang. Apalagi jika dihidangkan dengan sirup, selai, atau mentega di atasnya.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat pancake sendiri di rumah, silakan simak step-stepnya berikut ini :

Bahan - Bahan Yang Harus Disiapkan :


  1. 110 gram tepung terigu serba guna
  2. 1 butir telur ayam ukuran besar (kemudian kocok rata)
  3. 1 1/4 sdt baking powder (Saran: gunakan yang double acting)
  4. 1/4 sdt garam
  5. 2 sdt white vinegar atau air jeruk nipis
  6. 1 1/2 sdm gula pasir
  7. 2 sdm mentega atau 40 gram margarine, cairkan.
  8. 135 ml susu cair atau 3 sdm susu bubuk full cream + 130 ml air (aduk rata)

Cara Membuat Pancakes Yang Enak


  1. Masukkan susu cair dan white vinegar atau air jeruk nipis/ lemon ke dalam mangkuk berukuran sedang. Kemudian aduk hingga rata dan diamkan selama 5 menit agar susu menjadi asam.
  2. Dalam mangkuk terpisah, masukkan tepung terigu, baking powder, garam, dan gula. Kemudian aduk rata hingga gumpalan di tepung menghilang.
  3. Selanjutnya, siapkan mangkuk berukuran sedang dan masukkan mentega cair (yang sudah dingin), susu dan telur yang sudah dikocok sebelumnya. Kemudian aduk adonan hingga tercampur rata.
  4. Kemudian masukkan tepung terigu ke dalam kocokkan telur dan susu tadi. Lalu aduk hingga tercampur rata menggunakan spatula. Aduk secara pelan dan sebentar saja, jangan berlebihan.
  5. Siapkan wajan datar anti lengket atau wajan teflon, kemudian olesi sedikit mentega pada pemukaannya. Olesi juga bagian dalam cetakan pancake (jika anda menggunakan cetakan pancake)
  6. Kemudian tuangkan satu sendok sayur adonan ke atas pemukaan wajan. Tunggu adonan sampai terdapat gelembung-gelembung kecil pada permukaan adonan.
  7. Lalu, balik adonan agar bagian atasnya juga matang. Jangan ditekan, jika sudah berwarna kecoklatan, berarti sudah matang. Angkat pancake dari wajan, kemudian lakukan langkah nomor 6 dan 7 sampai adonan pancake habis.
  8. Pancake pun sudah siap disantap.

Pancake terasa lebih mantap dan delicious jika masih hangat dan baru matang dari penggorengan. Anda bisa menambahkan sirup, selai, atau mentega di atasnya agar lebih nikmat.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment