TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman March 21, 2016 | Kemaleman | Komentar
Cara Membuat Nasi Kuning
Sebelumnya saya pernah berbagi resep bagaimana cara membuat nasi goreng spesial dengan cita rasa yang enak sekali. Dan resep yang akan saya bagikan hari ini adalah, resep bagaimana cara membuat nasi kuning beserta gambar pendukung di setiap langkahnya.

Berbicara mengenai nasi kuning, salah satu makanan khas indonesia ini sangat populer dan sudah menjamah seluruh nusantara. Maka dari itu, tidak heran jika banyak sekali orang yang mencari-cari resep masakan khas indonesia yang satu ini.

Bahan-bahan yang harus disiapkan :


  1. 1 1/2 cangkir Beras
  2. 2 siung bawang putih
  3. 4 buah bawang merah
  4. 2 cm kunyit
  5. 2 buah kemiri
  6. 4 batang sereh/ serai
  7. 2 buah cengkeh
  8. 2 lembar daun salam
  9. 100 ml Santan kental
  10. Air secukupnya

Cara Membuat Nasi Kuning Untuk Acara


  1. Pertama-tama, haluskan kunyit, bawang merah, bawang putih, dan kemiri terlebih dahulu, kemudian tumis hingga harum. Selanjutnya, tambahkan juga santan kental, kemudian masak hingga mendidih.
  2. Jika sudah mendidih, masukkan santan bumbu tadi ke dalam beras. Gunakan saringan untuk mengambil airnya saja. Kemudian tambahkan juga cengkeh, sereh, dan daun salam, lalu aduk hingga tercampur rata.
  3. Selanjutnya, tambahkan air ke dalam beras hingga menyentuh seujung jari dari permukaan beras. Sambil terus di aduk, masak hingga air meniris.
  4. Setelah itu, kukus kira-kira sekitar 15 menit atau hingga matang. Anda juga bisa menggunakan rice cooker untuk mengukusnya.
  5. Taddah, nasih kuning sudah siap disajikan. Untuk pelengkapnya, anda bisa menambahkan tahu bali, sambal goreng tempe, perkedel atau yang lainnya. Sesuaikan dengan selera anda.

Biasa sih kalau di kampung saya, nasi kuning biasa disuguhkan dengan tahu bali dan sambal goreng tampe. Mungkin di tempat anda tinggal nasi kuning disuguhkan dengan pelengkap yang agak berbeda.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment