TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman March 21, 2016 | Kemaleman | Komentar
Cara Membuat Martabak Manis
Martabak manis mini adalah makanan yang biasa dijual oleh pedagang pinggir jalan. Martabak ini sebenarnya sama dengan martabak manis yang biasa dijual pada umumnya, namun yang membedakan adalah bentuknya yang lebih kecil itulah sebabnya dinamaknan martabak mini. Proses pembuatan untuk martabak mini juga sama seperti membuat martabak manis yang seperti biasanya. Makanan ini memiliki tekstur yang sangat empuk dan lembut juga memiliki rasa yang beraneka ragam.

Kue yang satu ini berbentuk seperti kue dadar dan biasa dijual di pinggir jalan. Rasanya yang so smooth dan lezat di mulut membuat banyak orang ingin sekali membuat kue ini.

Resep ini juga bisa digunakan untuk membuat martabak manis mini, tinggal ukurannya saja yang dibuat mini. Okey langsung saja, berikut resep membuat martabak manis :

Bahan - Bahan Yang Disiapkan:

  1. 250 gram tepung terigu serbaguna
  2. 30 gram gula pasir
  3. 1 butir telur
  4. 400 ml susu cair
  5. 1/2 sendok teh garam
  6. 1/2 sendok teh baking soda
  7. Mentega/ margarin untuk olesan.

Isi Untuk Martabak :

  1. Susu kental manis secukupnya
  2. Meses coklat secukupnya
  3. Cream cheese spead/ parutan keju Cheddar secukupnya
  4. Selai kacang, straweberry, sesuai selera Anda

Langkah langkah Membuat Martabak Manis

  1. Masukkan tepung terigu, gula, telur, susu cair, dan garam ke dalam mangkuk berukuran besar. Kemudian aduk hingga rata menggunakan spatula, boleh disaring sampai adonan tidak bergumpal.
  2. Selanjutnya, diamkan adonan selama 1 jam dalam suhu ruangan.
  3. Siapkan wajan datar anti lengket atau wajan teflon berdiameter terserah anda. Sementara itu, campur baking soda dengan sedikit air, lalu masukkan ke dalam adonan dan aduk hingga rata.
  4. Tuangkan kira-kira 2-3 sendok sayur adonan ke wajan. Kemudian ratakan adonan sambil digoyang-putar.
  5. Taburkan sedikit gula pasir, kemudian tutup wajan dan panggang dengan api kecil sampai adonan martabaknya tampak berpori-pori dan kering. Sebaiknya anda menggunakan tutup wajan yang terbuat dari kaca tembus pandang, sehingga anda bisa tahu kematangan martabak.
  6. Jika martabak sudah matang, angkat martabak dari penggorengan dan letakkan di telenan. Kemudian olesi bagian atas martabak dengan mentega/ margarin.
  7. Lalu tambahkan susu kental manis secukupnya. Kemudian taburi dengan bahan isi yang sudah dipersiapkan, seperti meses coklat, parutan keju atau selai.
  8. Lipat martabak dan.... Delicious! Martabak manis hasil kreasi anda sudah siap dinikmati.

Okey, sampai jumpai di resep selanjutnya. Selamat memasak dan berkreasi di dapur anda.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment