TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman March 24, 2016 | Kemaleman | Komentar
Cara Membuat Ikan Bakar
Resep kali ini mengingatkan saya ketika saya masih kecil. Dulu waktu masih duduk di bangku SD, saya sering sekali mencari ikan di sungai bersama teman-teman saya. Sehabis bersenang-senang mencari ikan, kami iseng-iseng membakarnya juga.

Hehehe, rasanya tidak begitu lezat, mungkin bisa dibilang rasanya lucu. Maklumlah waktu itu, kami tidak begitu mahir soal begituan.

Kali ini saya akan berbagi resep cara membuat ikan bakar yang lezat disertai dengan sambal kecap yang enak dan menggairahkan. Saya rasa resepnya tidak begitu sulit, bisa dibilang sangat sederhana. Berikut step-step membuat ikan bakar :

Bahan dan Bumbu Ikan Bakar :


  1. 2 ekor ikan ( resep berikut menggunakan ikan bawal )
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 2 buah cabai rawit
  4. 2 buah cabai keriting
  5. 2 butir bawang merah
  6. 2 siung bawang putih
  7. 1/2 sendok makan ketumbar
  8. 1 sendok makan kecap asin
  9. 2 sendok makan kecap manis

Bahan dan Bumbu Sambalnya :


  1. 1 buah jeruk nipis
  2. 2 buah bawang merah
  3. 1 buah tomat
  4. 3 buah cabai rawit
  5. 2 sendok makan kecap manis

Cara Membuat Ikan Bakar


  1. Pertama-tama, cuci bersih terlebih dahulu ikannya. Kemudian berikan sayatan pada ikan agar bumbunya meresap dengan sempurna. Setelah itu, lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis, dan diamkan selama 10 menit.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting, dan juga ketumbar. Lalu campur dengan kecap asin, kecap manis dan perasan jeruk nipis, kemudian lumurkan semua bumbu pada ikan.
  3. Setelah itu, panggang ikan menggunakan wajan panggangan atau dengan dibakar menggunakan arang. Bolak-balik ikan supaya matangnya merata. Jika ikan sudah benar-benar matang, angkat dan tiriskan.
  4. Langkah berikutnya yaitu membuat sambal kecapnya. Pertama, iris bawang merah tipis-tipis dan juga iris tomat dan cabai rawit. Setelah itu, tambahkan juga kecap manis dan perasan jeruk nipis agar cita rasa sambalnya gurih dan lezat.

Ikan bakar yang gurih dan menggairahkan ini sangat mantap dan lezat sekali, apalagi jika ditambah dengan sambal kecap yang cita rasa pedasnya sangat enak.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment