TERBARU

Kemaleman March 24, 2016 | Kemaleman | Komentar
Cara Membuat Bakso Kuah
Sejenis bola daging atau yang lebih akrab di panggil bakso ini sudah menjadi makanan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Resep makanan kali ini mengingatkan saya ketika masih duduk di bangku SMP.

Setiap bel istirahat berbunyi, saya dan teman-teman saya langsung menuju warung bakso yang berada di samping sekolah saya. Seperti biasa, kami makan bakso ramai-ramai.

Resep ini yang akan kita pelajari hari ini adalah resep bagaimana cara membuat bakso dan kuahnya. Berikut langkah-langkahnya :

Bahan dan Bumbu Yang Harus Disiapkan :


  1. 250 gram daging giling
  2. 2 sendok makan tepung kanji
  3. 2 siung bawang putih
  4. 1 butir putih telur
  5. Lada (merica) secukupnya
  6. Garam secukupnya
  7. Daun bawang secukupnya
  8. Seledri secukupnya
  9. Bawang goreng secukupnya

Langkah - langkah Membuat Bakso Kuah


  1. Masukkan daging giling, tepung kanji, bawang putih halus, putih telur, garam dan merica ke dalam mangkuk berukuran agak besar, kemudian uleni hingga tercampur rata dan kalis.
  2. Rebus panci berisi air secukupnya hingga mendidih. Bentuk bulat adonan daging dengan menggunakan tangan anda atau dengan bantuan 2 sendok.
  3. Setelah itu, masukkan bakso ke dalam air yang mendidih. Masak sampai bakso mengembang. Jika sudah mengembang, angkat dan sisihkan.

Membuat Bakso Kuah


  1. Untuk kuahnya, silakan masukkan bawang putih 1 siung yang sudah dikeprek(maksudnya, bawang putih dihancurkan dengan tekanan sisi pisau) ke dalam sisa air rebusan bakso tadi. Kemudian tambahkan garam dan merica secukupnya.
  2. Sebelum di hidangkan, cicipi terlebih dahulu rasanya, apakah sudah pas atau belum. Jika sudah pas dan mantap, masukkan daun bawang dan daun seledri. Bakso dengan kuah yang menggoda siap untuk disantap.

Agar lebih lezat lagi, taburkan juga bawang goreng di atasnya. Kalau saya sih biasanya menikmati bakso dengan campuran saus pedas dan kecap diatasnya.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment