TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman December 27, 2015 | Kemaleman | Komentar
Yuk, Intip 5 Tips Sehat Ala Rasulullah


Tanpa disadari seiring perkembangan zaman, bibit penyakit pun semakin bermutasi menjadi lebih kuat. Sehingga Anda pasti heran karena merasa bahwa sakit yang Anda derita saat ini sulit sembuhnya padahal Anda sudah minum obat dan melakukan perawatan untuk menyembuhkan penyakit.

Well, hal ini memang tidak mengherankan sebab para peneliti pun mengamini bahwa virus penyakit memang lebih kebal dan kuat karena lingkungan manusia juga semakin berpolusi.

Untuk menghadapi hal ini, Anda tak perlu panik sebab terkadang menjaga kesehatan dengan cara tradisional ternyata bermanfaat untuk membentengi diri dari penyakit.

Salah satu contohnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti yang dilakukan oleh Rasulullah. Penasaran seperti apa saja gaya hidup sehat tersebut?
Berikut adalah daftarnya.

Rasulullah tidur tepat waktu
Tidur merupakan kunci sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh Anda tetap terjaga dan segar.
Sebab tidur memberikan waktu tubuh untuk beristirahat dan memperbarui setiap sel tubuh yang usang.

Tidur juga bisa menjaga kesehatan mental Anda agar selalu stabil.
Oleh karena itu jika sudah waktu tidur, segeralah untuk tidur.

Waktu tidur yang paling ideal adalah sekitar 2 jam setelah shalat isya'.
Kemudian Anda terbangun untuk shalat malam dan dilanjut dengan shalat subuh.

Selain itu, Rasulullah pun menganjurkan Anda untuk tidur sekitar 8 jam yang sesuai dengan konsep pembagian waktu 24 jam yaitu sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah dengan Allah, dan sepertiga lagi untuk beristirahat.

Rasulullah berhenti makan sebelum kenyang
Selain tidur, makan juga menjadi kunci untuk tubuh Anda agar selalu sehat dan bugar.
Meskipun sedang lapar, Anda dianjurkan untuk berhenti makan sebelum kenyang yang bertujuan agar tidak membebani kerja pencernaan Anda.

Selain itu Anda juga disarankan untuk makan sebelum lapar agar Anda terhindar dari kebiasaan untuk makan secara berlebihan yang lagi-lagi juga tidak baik untuk pencernaan Anda.

Rasulullah makan dengan tangan kanan
Tak hanya karena tradisi, makan dengan tangan kanan juga bisa dibilang bermanfaat untuk kesehatan Anda. Sebab ketika Anda makan dengan tangan kanan, maka kerja otak kiri akan jadi lebih aktif.

Dan otak kiri sendiri lebih bersifat teratur daripada otak kanan yang acak.

Rasulullah makan atau minum selalu dengan duduk
Melakukan aktivitas makan atau minum dengan duduk tak hanya bisa membuat Anda jadi merasa nyaman.

Sebab secara ilmiah, saat Anda duduk maka katup sistem pencernaan Anda akan terbuka sehingga makanan atau minuman akan mudah dicerna.

Rasulullah selalu puasa
Puasa tak hanya mengajarkan Anda untuk mengendalikan hawa nafsu saja.
Sebab dengan berpuasa, maka Anda memberikan waktu tubuh Anda untuk beristirahat dalam mencerna makanan.

Sehingga akan memperlancar proses detoksifikasi dalam tubuh. Bonusnya, puasa juga bisa membantu Anda dalam mengendalikan berat badan.Tips di atas memang terdengar tradisional dan sederhana.

Namun sebenarnya jika Anda lakukan dengan sungguh-sungguh, maka sistem kekebalan tubuh serta kesehatan Anda bisa terjaga di tengah gempuran virus penyakit yang semakin berbahaya seperti saat ini.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment