TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman December 27, 2015 | Kemaleman | Komentar
Cara Sederhana Memelihara Motor Saat Musim Hujan Begini


Saat ini Indonesia sudah memasuki musim hujan dan diperkirakan puncaknya terjadi mulai bulan ini hingga Januari tahun depan.

Meski tidak jauh berbeda dengan perawatan sepeda motor saat musim panas, namun setidaknya ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Secara sederhana, kata Nanang Sutia dari PT Daya Adicipta Mustika (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat, adalah dengan memeriksa dan memperhatikan beberapa part safety.

Misalnya, tingkat kausan ban. Jika ban sudah mulai gundul sebaiknya diganti baru untuk menghindari slip atau tergelincir saat melewati jalan basah. Dianjurkan untuk memilih ban bertipe kering-basah.

Selanjutnya adalah memperhatikan kinerja rem. Cek apakah rem belakang dan depan sudah berfungsi baik.

Mengingat berkendara hujan pandangan pengendara akan sedikit terganggu, lebih amannya cek kembali fungsi-fungsi penerang atau pengaman, seperti lampu utama, lampu sein, lampu rem, dan lampu-lampu indikator lainnya.

Hal sederhana berikutnya adalah menjaga kondisi rantai roda.
Lumasilah dengan chain lube yang baik guna menghindari kara atau mudah kendor.

"Kemudian apabila sepeda motor terkena air hujan, disarankan untuk lekas dicuci menggunakan air yang mengalir.

Setelah itu di lap sampai kering. Hal ini untuk menghindari korosi dikarenakan air hujan mengandung garam yang bisa menyebabkan korosi lebih cepat pada part sepeda motor," imbuh Nanang.
Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment