TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman October 21, 2015 | Kemaleman | Komentar
Tanda Akhir Zaman! Sebarkanlah! Sekarang Banyak ABG bangga Pamer Hewan Buruan nya di Sosmed, Pada Geblek!


Media Sosial (medsos) zaman sekarang sudah sangat berkembang begitu pesat.
Bagi anak muda medsos sangat begitu penting untuk berbagai macam kebutuhan.

Namun, medsos banyak juga yang disalahgunakan.

Beberapa hari yang lalu, seorang wanita mengunggah fotonya dengan hewan langka, dan ada juga pengguna medsos mengupload sesuatu guna mencari keuntungan.

Sosiolog sekaligus wakil rektor Universitas Ibnu Khaldun, Musni Umar mengatakan remaja sudah dipengaruhi medsos."Remaja itu sekarang sudah dipengaruhi medsos.

Medsos sangat merasuk di kalangan masyarakat oleh karena itu medsos untuk menyampaikan perasaan, pandangan dan pikiran mereka dituangkan di dalam medsos," ujar Musni ketika dihubungi merdeka.com, Jakarta, Selasa (20/10).

Namun, kata Musni, banyak anak muda yang tidak terlebih dahulu melakukan seleksi apakah boleh upload sesuatu atau tidak di medsos. Seharusnya, lanjut Musni, dalam kasus ini benar-benar anak muda rasakan itu baik atau tidak.

Musni mengatakan, semua dipengaruhi oleh lingkungan dan pergaulan dan ini merupakan tantangan yang harus dihadapi bagi orangtua agar tidak memberikan kebebasan lebih karena anak dapat terjerumus pergaulan bebas akibat pengaruh medsos.

"Yang kita takut kan kalau terlalu bebas, misalnya prostitusi dan pasti akan mencari ujung-ujungnya prostitusi yang tidak diinginkan di medsos," katanya.

Selain peran orangtua, Musni mengingatkan peran dalam sekolah juga sangat diperlukan dalam seorang remaja menilai sesuatu.

"Peran sekolah jangan hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan, tetapi bagaimana cara menanamkan perilaku mulia kepada mereka sopan santun ditanamkan dan aspek mulia dan bagaimana menjaga kehormatan ini harus dilakukan orangtua dan sekolah, bukan hanya dijejali nilai tinggi tetapi nilai akhlak menjaga anak itu tidak terjerumus tidak baik dilupakan," ujarnya.

"Sudah otomatis sekolah itu harus banyak peran. Pemerintah juga harus menyegerakan dana yang cukup.

pemerintah terlalu formalistik. sekolah bisa menghadirkan narasumber untuk mendidik anak-anak. Kita harus peduli besar kepada anak-anak dan memikirkan masa depan," tambahnya.

Dalam hal ini, Musni mengharapkan adanya sangsi yang tegas dari pemerintah.

Sanksi yang tegas bagi anak tersebut apabila mereka melakukan hal-hal yang tidak terpuji yang diungkapkan di medsos dan dipertontonkan secara bebas yakni memberhentikan anak tersebut dari sekolah.

"Memberikan sanksi sosial diperlukan karena pada hakikatnya manusia malu masalahnya dibeberkan tidak benar. Anak itu diberikan sanksi sekolahnya kalau anak itu terbukti hal-hal melakukan tidak benar boleh dikeluarkan dari sekolah dan sekolah lain tidak boleh menerima anak itu.

Ini efek jera agar tidak memandang enteng atau hal yang tidak perlu dipermasalahkan.
Kalau ini dilakukan sangat efektif tidak akan ada perilaku yang menyimpang," pungkasnya.
Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment