TERBARU

PEOPLE ARE...

Kemaleman September 26, 2015 | Kemaleman | Komentar
Haduh ! Member JKT48 Ini Tak Tau Artinya Tut Wuri Handayani
Niatnya baik, tapi apa disampaikan Della Delila malah kebablasan. Personel idol JKT48 ini salah mengartikan semboyan 'Tut Wuri Handayani', hasilnya dia segera dibully para pengguna media sosial.

Kesalahan itu ditulis Della dalam akun Twitter miliknya, @Della_JKT48. Usai menulis kesalahan tersebut, cuitan tersebut sempat di retweet sebanyak 69 kali dan difavoritkan 59 pengguna lainnya.

"Dan aku juga mengenalkan budaya Indonesia ke mereka. Seperti tut wuri handayani yang artinya walaupun berbeda tetap satu," demikian dikutip dari akun Twitter Della yang diunggah pada Minggu (24/9) kemarin.

Tak lama, banyak penggemar yang meluruskan tulisan Della tersebut. Tak tahan dibully, Della akhirnya memilih menghapus cuitannya tersebut.

Meski begitu, dia merasa tak melakukan kesalahan. Della membela diri dengan mengatakan arti Tut Wuri Handayani seperti yang ditulisnya sehari lalu.

"Enggak salah kok artinya, smua orang kan beda beda cara pikirnyaaaa, mandi dulu dehhhh biar pikiran ku makin berdaedah," tulisnya lagi.

Rupanya, kesalahan Della mendapat pembelaan dari rekannya sesama anggota JKT48, Saktia Oktapyani. Tapi, bukannya membenarkan malah tetap salah.

"Tut Wuri Handayani adalah lambang Indonesia yang artinya berbeda-beda tapi tetap menyatu guys," tulis Saktia dalam akunnya @Via_JKT48. Namun cuitan ini langsung dihapus olehnya.

Untuk diketahui, semboyan yang tercantum dalam lambang Garuda adalah Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Sedangkan semboyan Tut Wuri Handayani diciptakan oleh Ki Hajar Dewantara untuk dunia pendidikan, artinya 'Dari belakang berupaya penuh memberi dorongan dan arahan'. Semboyan ini tercantum dalam logo pendidikan yang terpasang di saku-saku seragam sekolah.

Lengkapnya berbunyi Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Yang secara berurutan berarti 'Di Depan sebagai panutan', 'Di Tengah sebagai pelopor' dan 'Dari belakang berupaya penuh memberi dorongan dan arahan'.

Like Fanpage:

0 comments:

Post a Comment